JAVA APPLET
keterangan gambar :
a) membuat program pemecah angka
b) membuat program mp 3 dinamis
c) membuat program text dinamis
d) membuat program mp 3 statis
e) membuat program text statis
f) membuat program menentukan backgrouund warna dan play musik
yuk langsung aja kita bahas materinya :
*)sebelum kita membuat program 2 diatas kita harus membuat project baru applet dengan cara new file - swing GUI form - JAppletform kemudian membuat paket serta membuat form yg akan kita gunakan
*)setelah itu kita harus mendeklarasikan tool yang digunakan dengan import terlebih
dahulu sbb:
dahulu sbb:
package pkg05_anson_eka_putra_uiapplet;
import java.io.BufferedInputStream;
import java.awt.Color;
import java.util.Scanner;
import java.lang.String;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.BufferedReader;
import java.io.DataInputStream;
import java.io.File;
import java.io.FileInputStream;
import java.io.FileNotFoundException;
import java.io.IOException;
import javax.swing.JOptionPane;
import java.net.URL;
import javax.swing.JFileChooser;
import javax.swing.JFrame;
import javax.media.Manager;
import javax.media.Player;
a)membuat program pemecah angka
1)buatlah design seperti gambar no 1
2)masukan codingnya pada tombol pecah angka :
private void TombolPecahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
int uang,pul,ribu,ratus,lima;
uang = Integer.parseInt(TextInput.getText());
pul=uang/10000;
ribu=(uang-pul*10000)/5000;
ratus=(uang-(pul*10000+ribu*5000))/100;
lima=(uang-(pul*10000+ribu*5000+ratus*100))/50;
OutputPecah.setText("10 ribuan\t: "+pul+"\n");
OutputPecah.setText(OutputPecah.getText()+"Lima ribuan\t: "+ribu+"\n");
OutputPecah.setText(OutputPecah.getText()+"Seratusan\t: "+ratus+"\n");
OutputPecah.setText(OutputPecah.getText()+"Lima puluhan\t: "+lima+"\n");
}
b)membuat program mp 3 dinamis
1)buatlah design seperti gambar no 2
2)masukan codingnya pada tombol browse music :
private void jButton4ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
JFileChooser fc= new JFileChooser();
JFrame jf= new JFrame();
int ret= fc.showOpenDialog(jf.add(fc));
if(ret==JFileChooser.APPROVE_OPTION)
{
File file=fc.getSelectedFile();
text=file.getPath().toString();
jTextField2.setText(text);
}
}
c)membuat program text dinamis
1)buatlah design seperti gambar no 3
2)masukan codingnya pada tombol browse text :
private void BROWSETEXTActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
JFileChooser fc= new JFileChooser();
JFrame jf= new JFrame();
int ret= fc.showOpenDialog(jf.add(fc));
if (ret==JFileChooser.APPROVE_OPTION){
File file=fc.getSelectedFile();
text=readFile(file);
areatextdinamis.setText(text);
namafiletext=file.getPath().toString();
namatext.setText(namafiletext);
}
d) membuat program mp 3 statis
1)buatlah design seperti gambar no 4
2)masukan codingnya pada tombol play dan tombol stop :
private void Play1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
if(evt.getActionCommand().equals("Play")){
try{
player=Manager.createPlayer(new URL("file",null,"C:\\WestLife - Uptown Girl.mp3"));
jLabel3.setText(jLabel3.getText()+"C:\\WestLife - Uptown Girl.mp3");
player.start();
}
catch(Exception ex){}
}
}
private void stopActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
player.stop();
}
e)membuat program text statis
1)buatlah design seperti gambar no 5
2)masukan codingnya pada tombol baca :
private void bacaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
String f;
try{
URL source=new URL("file",null,"C:\\DAFTAR PELAJARAN.txt");
BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader(source.openStream()));
while(null !=(f=br.readLine())){
areatext.setText(f);
}
br.close();
Namafile.setText("DAFTAR PELAJARAN.txt");
}
catch(Exception e){
}
}
f) membuat program menentukan backgrouund warna dan play musik
1)buatlah design seperti gambar no 6
2)masukan codingnya pada tombol play :
private void btnPLAYActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(evt.getActionCommand().equals("PLAY")){
try{
player=Manager.createPlayer(new URL("file",null,"C:\\WestLife - Uptown Girl.mp3"));
btnPLAY.setText("STOP");
player.start();
} catch(Exception ex){}
}
else if(evt.getActionCommand().equals("STOP")){
try{
player.stop();
btnPLAY.setText("PLAY");
} catch(Exception ex){}
}
// TODO add your handling code here:
}
private void inputwarnaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("merah"));
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("hijau"));
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("biru"));
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("anson"));
if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("merah")){
background.setBackground(Color.red);
}
else if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("hijau")){
background.setBackground(Color.green);
}
else if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("kuning")){
background.setBackground(Color.yellow);
}
else if(evt.getActionCommand().equalsIgnoreCase("anson")){
background.setBackground(Color.blue);
}
else JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "warna yang anda masukkan salah");
}
nb : kalimat yang berwarna biru harus disesuaikan dengan variable name yang anda inputkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar